Penerbit Darul Haq

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEPUTAR I’TIKAF


Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah atas Rasulullah.

Inilah beberapa perkara yang mesti diperhatikan seputar i’tikaf.

Pertama, banyaknya kunjungan dan lamanya kunjungan yang dilakukan sementara orang kepada sebagian orang yang beri`tikaf yang mengakibatkan banyak bicara dan menyia-nyiakan waktu.

Kedua, banyak berkomunikasi dan berkirim surat selama ber-i`tikaf tanpa ada keperluan mendesak.

Ketiga, berlebih-lebihan dalam menghidangkan makanan. Sebab hal itu menyebabkan berat untuk beribadah dan mengganggu orang-orang yang shalat, karena bau makanan tersebut. Jadi, yang lebih baik bagi orang yang beri`tikaf ialah sederhana dalam hal itu.

Keempat, banyak tidur, berat untuk bangun tidur, dan tidak simpatik terhadap orang yang membangunkannya dari sebagian orang yang beri`tikaf, padahal semestinya berterima kasih kepadanya dan mendoakannya.

Kelima, menyia-nyiakan kesempatan. Sebagian orang yang beri`tikaf tidak peduli dengan kebaikan yang luput darinya. Anda melihatnya tidak mencari waktu-waktu dikabulkannya doa dan tidak pula berkeinginan untuk memanfaatkan waktu yang ada, bahkan mungkin sebagian rakaat dan shalat ia luputkan begitu saja karena tidur atau bermalas-malasan.

Keenam, sebagian manusia memotivasi anak-anaknya yang masih kecil untuk beri`tikaf. Ini baik. Tetapi mungkin anak-anak tersebut tidak melaksanakan adab i`tikaf. Sehingga mereka malah mengganggu, ribut, berisik, banyak bercanda dan berbicara, keluar masjid dan sejenisnya.

Jika perkaranya demikian, maka lebih baik anak-anak tersebut di rumah saja.

Ini sebagian perkara perlu diperhatikan yang harus dijaga pada saat beri`tikaf.

Semoga shalawat dan salam terlimpah atas Nabi kita Muhammad z.

Tema Terkait :

Buku-buku Yang Patut Dijadikan Perpustakaan Keluarga:

Telah dilihat 119 pengunjung

Home
Akun
Order
Chat
Cari