Darul Haq

AGAR KAMU BERSYUKUR


Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah atas Rasululullah.

Allah menutup ayat-ayat puasa dalam surat Al-Baqarah  dengan firmanNya,

وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan agar kamu bersyukur.” (Al-Baqarah: 185)

Yakni, agar kamu bersyukur kepada Allah yang telah menyampaikan kamu pada bulan Ramadhan dan menolongmu untuk menyempurnakannya.

Dalam ayat ini berisi bimbingan unutuk menuju derajat syukur dan memerintahkan kepada para hamba supaya menetapinya.

Allah memerintahkan bersyukur dan melarang sebaliknya, memuji orang yang bersyukur dan menyebutnya sebagai makhluk istimewaNya, menjanjikan pelakunya dengan sebaik-baik balasan, menjadikannya sebagai sebab ditambahkannya karuniaNya, penjaga dan pemelihara nikmatNya, dan Dia memberitahukan bahwa orang-orang yang bersyukur adalah orang-orang yang mendapatkan manfaat dari ayat-ayatNya.

Syukur adalah pengikat nikmat-nikmat yang ada dan pemburu nikmat-nikmat yang hilang.

Hakikat syukur, wahai orang-orang yang berpuasa, adalah 1. menampakkan pengaruh nikmat Allah pada lisan hambaNya berupa pujian dan pengakuan,2.  pada hatinya berupa kesaksian dan cinta dan 3. pada anggota badannya berupa kepatuhan dan ketaatan.

Sungguh orang yang beriman adalah orang yang senantiasa bersyukur dalam segala keadaannya. Jika datang kepadanya sesuatu yang menyenangkan, dia bersyukur kepada Allah. Sebab Dialah Dzat Yang Memberi nikmat lagi Memberi karunia. Sebaliknya, jika datang kepadanya sesuatu yang tidak disukainya, ia bersyukur kepada Allah atas segala apa yang ditentukanNya kepadanya; menahan amarah, tidak mengeluh, menjaga adab, dan berperilaku dengan perilaku yang didasari dengan ilmu.

Mengenal Allah dan beradab bersamaNya akan mendorong untuk bersyukur kepadaNya atas segala yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan, meskipun bersyukur atas sesuatu yang tidak disenangi jauh lebih berat dan sulit.

Ya Allah, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang bersyukur. Semoga shalawat dan salam terlimpah atas Nabi kita Muhammad z.

Kajian Seputar Ramadhan

Buku-buku Yang Patut Dijadikan Perpustakaan Keluarga:

Telah dilihat 234 pengunjung

Home
Akun
Order
Chat
Cari