Darul Haq

KISAH SEORANG LAKI-LAKI DENGAN SEEKOR ANJING

Dari Abu Hurairah & bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

“Ketika seorang laki-laki sedang dalam perjalanan, lalu dia kehausan, dia masuk ke dalam sebuah sumur, lalu minum di sana. Kemudian ia keluar. Tiba-tiba ia mendapati seekor anjing di luar sumur yang sedang menjulurkan lidahnya dan menjit-jilat tanah lembab karena kehausan. Orang itu berkata, ‘Anjing ini telah merasakan kehausan yang baru saja saya rasakan’.

Kemudian dia kembali turun ke sumur dan memenuhi sepatunya dengan air lalu membawanya naik dengan menggigit sepatu itu. Sesampainya di atas ia minumi anjing tersebut. Karena perbuatannya tadi Allah berterimakasih kepadanya dan mengampuni dosanya.

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kalau kami mengasihi binatang kami mendapatkan pahala?” Beliau bersabda, “Berbuat baik kepada setiap makhluk bernyawa pasti mendapatkan pahala.”

(Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 2363; Muslim 2244)

PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK:

1. Anjuran untuk senantiasa ihsan (berbuat baik) kepada hewan yang jinak yang tidak diperintahkan untuk membunuhnya.

2. Diperbolehkan bepergian seorang diri tanpa membawa bekal perjalanan jika ia tidak khawatir dengan keselamatan dirinya, yakni dari serangan musuh maupun mati kelaparan.

3. Rahmat Allah sangat luas. Dia membalas dengan karunia yang sangat banyak padahal orang itu hanya melakukan kebaikan yang sedikit.

4. Diperbolehkan menggali sumur atau sejenisnya di tempat-tempat umum untuk kemaslahatan bersama.

5.Diperbolehkan berbuat baik sekalipun kepada orang musyrik.

Sumber : 61 Kisah Pengantar Tidur
Diriwayatkan Secara Shahih dari Rasulullah dan Para Sahabat

✒️Penulis : Muhammad bin Hamid Abdul Wahab

Telah dilihat 815 pengunjung

Home
Akun
Order
Chat
Cari