Darul Haq

JADILAH DI DUNIA SEAKAN-AKAN ENGKAU ORANG ASING ATAU PENYEBERANG JALAN

Dari Ibnu Umar I, dia berkata,

أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ  بِمَنْكِبَيَّ، فَقَالَ: كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ. وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُوْلُ: إِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ، وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِسَقَمِكَ وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ.

Rasulullah H memegang kedua pundakku, lalu bersabda, Jadilah kamu di dunia ini seakan-akan kamu orang asing atau penyeberang jalan’. (Perawi, Mujahid berkata), Dan Ibnu Umar pernah mengatakan, ‘Apabila engkau memasuki waktu sore hari, maka janganlah menunggu waktu pagi, dan jika engkau memasuki waktu pagi, maka janganlah engkau menunggu waktu sore. Gunakanlah (waktu) sehatmu untuk (waktu) sakitmu, dan (waktu) hidupmu untuk matimu’.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari.

FAEDAH HADITS

  1. Hendaknya seorang Muslim tidak cenderung ke (dalam kesibukan) dunia, dan hendaknya mempersiapkan diri untuk pergi ke negeri akhirat.
  2. Sesungguhnya sangat tidak laik bagi seorang Muslim membekali diri di dalam perjalanannya dengan perbekalan yang tidak diridhai Allah Z.

Sumber : Syarah Kitabul Jami’

Telah dilihat 193 pengunjung

Home
Akun
Order
Chat
Cari