Penerbit Darul Haq

“Dan bahwasanya inilah jalanKu yang lurus. Maka ikutilah ia! Dan jangan kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kalian dari jalanNya.” (Al-An’am: 153).

Sumber : Kesempurnaan & Keagungan Islam, Serta Perintah Berpegang teguh dan Menjaga Kemurniannya


وَأَنَّ هَٰذَا صِرَٰطِى مُسْتَقِيمًا فَٱتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا۟ ٱلسُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِۦ ۚ

Firman Allah D, “Dan bahwasanya inilah jalanKu yang lurus. Maka ikutilah ia! Dan jangan kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kalian dari jalanNya.(Al-An’am: 153).

وَأَنَّ هَٰذَا صِرَٰطِى مُسْتَقِيمًا “Dan bahwasanya inilah jalanKu yang lurus.” اَلصِّرَاطُ adalah jalan, dan yang dimaksud di sini adalah Islam, ia adalah jalan Allah D, ia adalah jalan yang lurus, tidak ada kebengkokan padanya dan tidak pula penyimpangan, akan tetapi ia seimbang, tidak berlebih-lebihan dan tidak meremehkan.

فَٱتَّبِعُوهُ “Maka ikutilah ia!Dan janganlah mengikuti agama selain agama Islam ini, dan jangan pula mengikuti sunnah selain Sunnah Rasulullah H; karena ini adalah jalanku.

وَلَا تَتَّبِعُوا۟ ٱلسُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِۦ ۚ “Dan jangan kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kalian dari jalanNya.Perhatikanlah, jalan Allah itu satu. Adapun selain jalan Allah, maka ia adalah jalan-jalan yang banyak, cinta hawa nafsu dan cinta syahwat, masing-masing memiliki jalan, masing-masing memiliki madzhab, dan akhir darinya adalah kerugian, karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kalian dari jalanNya. Adapun siapa yang berjalan di atas jalan yang satu ini, maka dia selamat di sisi Allah D. Ini mengandung perintah agar meniti jalan Allah dan meninggalkan selainnya berupa aliran, bid’ah, madzhab, dan sekte, karena semuanya membawa kepada kebinasaan.

Telah dilihat 116 pengunjung

Home
Akun
Order
Chat
Cari